Karena kita belajar mulai dari dasar maka yang akan saya bahas di sini adalah type data standart/sederhana.
Tipe data sederhana / Jenis data yang standar (Dasar) Pada pascal adalah sebagai berikut :
1. Integer
2. Real
3. String
4. Boolean
Apa perbedaan dan kegunaannya?
1. interger
Integer adalah type data yang digunakan untuk perhitungan bilangan bulat. Jenis data ini merupakan nilai bilangan bulat, yang terdiri atas integer positif, integer negatif dan nol.
2. real
Mirip dengan integer, tapi real adalah type data yang digunakan untuk menangani bilangan pecahan dalam bentuk desimal. owh iya dalam pemprograman pascal untuk membedakan bilangan bulat dan pecahan adalah dengan menggunakan tanda " . " (titik).
Operator dari kedua type data di atas adalah :
a. + (tambah/penjumlahan)
b. - (kurang/pengurangan)
c. * (bintang untuk perkalian)
d. DIV (divide/pembagian bilangan genap)
e. MOD (modulus untuk medapatkan sisa hasil pembagian)
f. / (garis miring untuk pembagian bilangan pecahan::Khusus Real)
3. string
Berbeda dengan type data di atas, type data String digunakan untuk menangani huruf, angka dan character, dan tentunya tidak dapat digunakan untuk perhitungan, mealinkan digunakan untuk mengolah kata-kata.
4. boolean
Boolean adalah type data yang istimewa, fungsi dari type data ini adalah untuk menampung hasil pernyataan logika (true/false). Ingat hanya berisi true dan false. Seiring dengan belajar membuat sebuah program temen-temen pasti nati tau kegunaan dari type data ini.
B. Variable / Variabel.
Yups, benar sekali seperti di matematika, variable adalah sebuah nama yang diberikan untuk sebuah tempat penyimpanan nilai.
Seperti apa sih variable dalam bahasa permprograman Pascal?
yuk, kita mulai praktik nya aja.
disini saya akan memberiakn contoh program untuk menghitung luas suatu persegi panjang.
Temen-temen pasti tau kan rumus luas persegi panjang? yups, rumusnya adalah
L = p x l dengan keterangan L : Luas, p : Panjang , l : Lebar
Dan bagaimana menulisnya dalam bahasa pascal? temen-temen masih ingat kan struktur penulisan program dalam pascal ? Varibale di deklarasikan di bawah word key var
Berikut sourcode lengkapnya :
Program LuasPersegiPanjang; Uses crt; Var Luas,p,l : integer; //mendeklarasikan variabel Begin clrscr; p := 50; //mengisi variabel p l := 100; //mengisi variabel l Luas := p * l; //perhitungan luas disimpan pada variable Luas Write('Luas Persegi Panjangnya adalah : ',Luas); //mencetak hasil nya Readln(); End.
Setelah disimpan kemudain Run/jalankan programannya tekan ctrl + F9
C. Constants / Konstanta
Iya, sama seperti di matematika, kostanta adalah suatu bentuk variable yang memiliki nilai tetap dan tidak dapat diubah-ubah.
Berikut contoh programnya :
Menghitung keliling sebuah lingkaran, rumus K = 2 x phi x r , dengan Phi sebagai constanta (nilainya tidak berubah). maka deklarasikan PHI di bawah word key const
Program KelilingLingkaran; Uses crt; Var K, r : real; Const PHI = 3.14; Begin clrscr; r := 7.0; // mengisi variable r K := 2 * PHI * r; //perhitungan keliling lingkaran Write('Keliling lingkaranya : ',K:3:2); //mencetak variable real K, //var:digit-depan:digit-belakang // syntax untuk pembatasan digit angka // K:3:2 = variabel K, 3 digit didepan titik dan // 2 digit dibelakang titik Readln; End.
yeah... akhirnya udah jadi, berarti sekarang temen-temen sudah bisa buat program untuk menghitung rumusa matematika kan? keren!! :)) Mudah kan? hehehe
QUESTION CORNER
Hmm,, saya ada sedikit latihan nih, untuk temen-temen, ada tantangan buat kalian dari saya,,
tantangan? wah pasti susah :(
hehehe, ndak koq, saya yakin pasti temen-temen bisa ngerjainnya, tantanganya adalah :
Membuat kan saya sebuah program untuk menyatukan 2 kata dang tersimpan di varibale yang berbeda.
contoh
var1 bersisi kata "Fujisaki" dan var2 bersisi kata "Yusuke"
dan hasil outputnya adalah : "Nama saya adalah Yusuke Fujisaki"
gitu aja deh, pasti temen-temen bisa koq. nanti jawabanya akan kita bahas di artikel selanjutnya. :)
Ok, cukup sekian dulu y materinya, semoga bermanfaat untuk temen-temen semua dan jangan lupa dikerjakan ya tantanganya sebagai latihan :)
Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. :))
Tidak ada komentar:
Posting Komentar